ALGORITMA

  1. 1. Baca masalahnya. – tentu saja –🙂

Tentukan input, output, proses. Bayangkan penyelesaian masalah tersebut sebagai sebuah sistem. Proses secara global dapat dianggap sebagai sebuah ‘black box’.

Flowchart untuk membantu melihat (visualisasi) diagram alur kejadian. Jika bingung dengan bentuk gambar node flowchart, abaikan dulu pemilihan bentuknya.

  1. 2. Tulis algoritma, berikan catatan dalam kalimat yang manusiawi jika perlu

Contoh:

Buat algoritma atau flowchart untuk menentukan apakah sebuah bilangan merupakan bilangan ganjil atau genap.

  • Masalahnya sudah dibaca? Bisakah anda ulangi pertanyaan tersebut dengan kalimat sendiri tanpa harus melihat seluruh cerita?

Tentukan:

  • input: sebuah bilangan sembarang, asumsikan input dari sebuah alat input (misal: keyboard)

output: pernyataan “bilangan ganjil”, “bilangan genap”

  • proses:
    gimana sih caranya? Bilangan genap: habis dibagi dua. Jika dibagi dua, maka hasilnya adalah bilangan bulat utuh.
    Fungsi apa saja yang sudah tersedia?

Simbol-simbol flowchart

Flow line Arah alur program
Terminator Awal, akhir program atau proses
Persiapan, inisialisasi Mengisi harga awal, kondisi-kondisi awal
Proses Proses perhitungan atau pengolahan
input, output input atau output data, parameter, informasi lain
predefined process sub program atau sub proses. proses yang didefinisikan di dalam flowchart lain
decision Pemilihan langkah
on page connector penghubung ke bagian lain flowchart di halaman yang sama
off page connector penghubung ke bagian lain flowchart yang ada di halaman lain

Soal Latihan

  1. 1. Buat algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan prima (atau bukan).

Bual algoritma untuk menghitung perkalian hanya dengan operator penjumlahan.

Buat algoritma untuk mencetak N buah bilangan prima yang pertama.

Buat algoritma untuk menentukan jenis akar persamaan kuadrat!

Buat algoritma untuk menghitung jumlah N suku dari deret aritmatika : Sn = 3 + 7 + 11 + …… + (4n-1)

Buat algoritma untuk menghitung faktorial dari suatu bilangan.

  1. 2. Buat flowchart untuk mencetak pasangan nilai X dan Y dengan persamaan Y = X3 – 2X +1. Cobalah untuk nilai dari –10 sampai 10 !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: